Blog Iswanda Mengabarkan Seputar Berita Islam, Artis, Manfaat Khasiat dan Lain Sebagainya

5 CALON PENGGANTI LUIS ENRIQUE DI BARCELONA

Tabir misteri tentang kelanjutan karier Luis Enrique di Barcelona akhirnya disibak dengan ligas oleh pria 46 tahun tersebut. Usai timnya membantai Sporting Gijon 6-1 di Camp Nou, Rabu ( 1/3 ), Enrique mengumumkan bahwa dirinya akan mundur sebagai pelatih Barcelona di akhir musim nanti.

Seiring dengan pernyataan mundur Enrique itu, Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu menyatakan pihaknya akan segera mencari pelatih baru dan merilis nama pengganti Enrique itu pada 1 Juli mendatang. ''Kami akan mengumumkan penerus Enrique pada 1 Juli, sementara saat ini kami akan fokus pada gelar,'' kata Bartomeu kepada Barca TV.

Media-media di spanyol pun kemudian melansir nama-nama yang liar beredar bakal mengganti posisi Enrique musim depan. Setidaknya sudah ada lima nama yang beredar. Mereka adalah Jorge Sampaoli ( Sevilla ), Ernesto Valverde ( Athletic Bilbao ), Ronald Koeman ( Everton ), Mauricio Pochettino ( Tottenham ), dan Juan Carlos Unzue ( Asisten Luis Enrique ).

Siapapun para calon pelatih itu, maka dia haruslah orang yang tangguh akan tuntutan selalu menang, dan paham akan filosofi permainan yang berakar dari pengaruh menyerang ala Johan Cruyff sejak 1980an.

1. RONALD KOEMAN


Bos Everton ini menjadi salah satu kandidat terdepan pelatih Barcelona berikutnya. Selain sebagai mantan pemain Blaugrana, kebiasaan Barca untuk menunjuk mantan pemainnya jadi pelatih, dia punya koneksi kuat dengan Johan Cruyff, Frank Rijkaard dan Louis van Gaal yang merupakan mantan entrenador raksasa Catalan itu. Koeman sendiri mengatakan saat ini ia ingin bertahan di Everton. Tetapi walau baru mengambil alih Everton musim panas lalu godaan untuk memimpin Barca akan sulit ditolaknya.

2. JORGE SAMPAOLI


Sampaoli bukan hanya favorit, tetapi dia juga tertarik memimpin Barcelona. Mantan pelatih timnas Cile ini sukses memimpin Sevilla, membawa mereka ke level yang lebih baik dengan menjadi penantang juara. Ini mirip dengan Antonio Conte di Juventus. Sampaoli juga memenangkan Copa America bersama Cile, dan Barcelona tampaknya cukup tertarik dengan prestasi manajer yang satu ini. Hanya saja, Sampaoli memastikan dia punya proyek sampai mati dengan Sevilla walau kontraknya akan berakhir pada musim panas 2018. Menarik melihat bagaimana Barcelona menarik perhatian manajer berkepala plontos ini.

3. ERNESTO VALVERDE


Nama Valverde disebut-sebut sebagai pengganti Enrique di Barcelona. Bos Athletic Bilbao ini sedang dipertimbangkan Barca untuk memimpin tim mereka. Seperti Sampaoli, Velverde juga memainkan sepak bola menyerang yang diperkirakan tepat untuk pemain seperti Lionel Messi, Neymar, dan Luis Suarez.

4. MAURICIO POCHETTINO


Pochettino mengatakan dia bahagia di Tottenham Hotspur. Tetapi dengan kurangnya prestasi klub di kancah Eropa serta kesulitan menjuarai Premier League, pendiriannya bisa berubah. Satu hal yang perlu dipertimbangkan Tottenham cenderung melepas pemain-pemain utamanya dengan harga mahal dan pelit dalam pembelian pemain. Ini bisa membuat Pochettino berubah pikiran walau dia membawa keajaiban di White Hart Lane.

5. JUAN CARLOS UNZUE


Mengutip dari Diario Sport, Unzue menjadi kandidat terkuat pengganti Enrique. Pria yang saat ini merupakan asisten pelatih di Barcelona itu disebutkan sebagai sosok yang diusulkan Enrique ke manajemen. Menjadi mantan kiper Barcelona di era kepelatihan Johan Cruyff, kemudian menjadi asisten Enrique sejak melatih di Celta Vigo ( 2013/14 ), Unzue menjadi sosok yang akrab dengan filosofi, gaya permainan, serta pemain Barcelona.

Satu-satunya hal yang menghambat adalah pengalamannya memimpin langsung sebuah tim di kompetisi besar. Namun demikian, Barcelona juga pernah punya pengalaman dengan naik kelasnya asisten pelatih dan mampu membawa tim itu juara. Dia adalah mendiang Tito Villanova. Villanova merupakan asisten Guardiola sejak di Barcelona B hingga ke tim utama.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 CALON PENGGANTI LUIS ENRIQUE DI BARCELONA